PANCASILA SAKTI

Pancasila Sakti

oleh : Zainuddin,S.Pd,M.Pd

Anak saya bertanya mengapa Pansila itu sakti. Yang mana itu burung garuda. Apa burung garuda itu seperti Superman, Batman dalam keadaan kritis langsung datang menolong? Tidak matiki toh burung garuda biar ditembak?
Odende….
Pertanyaan ini kelihatannya sepele, tetapi butuh kehatian-kehatian dalam memberikan penjelasan yang tepat sesuai dengan tingkatan umurnya. Dunia anak-dunia kartun, bahkan ketika ditanya apa cita-citanya terkadang menjawab ingin menjadi seperti tokoh idola kartunnya.
Saya arahkan untuk nonton film G 30 S PKI, Tapi yang dia suka yang ada adegan tembak-tembakan. Sulit menahan bocah2 ini untuk bertahan fokus menonton film dengan dirasi waktu yang panjang, sesekali minta pindah cenel, tapi saya tak bergeming. Bocah2 ini menjadi terkesima begitu melihat adekan pembunuhan satu persatu para jenderal ini yang begitu sadis dan tak berperikemanusiaan. Siapa yang bunuh itu bapak? Kejamnya…. Dimanami burung garuda…. Kapanpi nadatang itu burung garuda tolongki kasian… Tidak natauki kapan itu burung garudayya bahwa ada pembunuhan.
Ada lagi yang tanya kenapa tidak telpon polisi?
Obela deeeh…. Pigimako main-main nanti nutautonji itu kalau besarmaki na masih saktiki pancasila…

Hari ini 1 Oktober Bangsa Indonesia memperingatinya sebagai hari kesaktian Pancasila. Di setiap instansi pemerintah dilakukan upacara sebagai bentuk penghargaan dan mengenang para pahlawan revolusi yg gugur demi tegaknya idiologi Pancasila dari rongrongan komunis. Kita bangga punya idiologi negara yang mampu mempersatukan keberagaman dalam bingkai NKRI.
Peringatan hari kesaktian pancasila kali ini agak istimewa karena berlangsung di tengah maraknya demonstrasi dan pergolakan di Wamena tanah Papua. Kehidupan berbangsa yang prular dalam bingkai NKRI menghadapi badai. Bhinneka Tunggal Ika dalam ancaman, “perisai pohon beringin dalam bidikan”. Tapi insyaAllah ini hanya badai… Sekali lagi hanya badai untuk menguji kesadaran kita sebagai bangsa yang majemuk. Semoga badai ini dapat dilalui oleh garuda, terbang tinggi di atas awan menuju pelangi yang indah…. Seperti indahnya Bhinneka Tunggal Ika dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita mampu, kita bisa, Kita kaya dalam keberagaman yang terjaga.
Ayo Indonesiaku…
Jalankan perintah agama karena agama membawa kedamaian dan kebenaran yang universal..
Ayo Indonesiaku…
Kita semua bersaudara dari sabang sampai marauke, berkasihsayanglah diantara kita.
Ayo Indonesiaku….
Bersatu kita teguh…. Bercerai kita runtuh. Mari satukan tekad, satukan energi, satukan daya ayo bangun negeri. Kita punya modal… Kita kaya… Kita bangsa besar…
Ayo Indonesiaku…
Bermusyawarahlah dalam merawat negeri ini, bijaksanalah mengelolah negeri ini… Negeri tempat hidup bersama… agar tercipta Negeri yang aman dan damai tempat hidup yang tentram bagi anak cucu kita.
Ayo Indonesiaku…
Bangun dan tumbuhkanlah keadilan agar semua merasakan kedamaian dalam keadilan, ketentraman dalam kepatian hukum.

Ayo Indonesiaku….
Rawatlah kenhinnekaan kita… Karena itu sumber kekayaan negeri ini…
Papua, Sulawesi, Sumatera, Jawa, Kalimantan, Maluku…. Hanyalah batas-batas pulau…
Hanya air laut sebagai pemisah tapi hati dan jiwa kita satu Kita semua bersaudara…
KITA INDONESIA…. (*sipakarajaNews)